KPU Distribusikan Logistik, Pantarlih Segera Lakukan Coklit

 

Lombok Timur - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lombok Timur Distribusikan logistik Pencocokan dan Penelitian (Coklit) ke 21 Kecamatan. Logistik ini kemudian akan distribusikan kepada Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang tersebar di 254 Desa/Kelurahan.

Logistik ini akan dipergunakan oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk melakukan coklit data pemilih.

Kadiv Perncanaan dan Informasi, Suryadi, mengatakan hari ini, Mingggu (23/6/2023) harus sudah terdistribusikan hingga ke PPS. Karena pada hari Senin, Pantarlih akan dilantik dan langsung melakukan coklit.

"Besok usai pelantikan, Pantarlih juga diberikan pembekalan. Pada hari itu juga Pantarlih harus mencoklit minimal 5 kepala keluarga," ucap Suryadi.

Pantarlih di Kabupaten Lombok Timur berjumlah 3720 orang dengan sebaran Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebanyak 1.896 titik. Saat ini, Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilihan (DP4) di Kabupaten Lombok Timur sebanyak 974.932 pemilih.

Namun ada perbedaan yang cukup signifikan dalam jumlah pemilih per TPS antara Pilpres/Pileg dan Pilkada kali ini. Dimana dalam Pilpres/Pileg jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) dibatasi maksimal 300 DPT. Sedangkan pada Pilkada ini jumlah DPT di masing-masing TPS sebanyak 600 orang.

"TPS yang jumlah pemilihnya lebih dari 400 orang   akan digunakan 2 orang Petugas Pantarlih untuk melakukan pencoklitan," terangnya.

Pada saat melakukan coklit, petugas pantarlih ini dibekali dengan penggunaan aplikasi dan secara manual melalui form yang disediakan. Petugas juga dilengkapi dengan Id Card, rompi, dan topi.

Pantarlih akan bekerja melakukan coklit selama 1 bulan terhitung sejak 24 Juni sampai 25 Juli 2024. Pantarlih juga tidak diperkenankan untuk coklit dari jarak jauh. Artinya petugas harus memetik data dengan langsung mendatangi rumah warga.

"Bila ada Pantarlih ditemukan mencoklit dari jauh akan ditindak dengan tegas sesuai ketentuan yang berlaku," tegasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.