Penerbitan Sim C1 untuk Moge Sudah Bisa di Polres Lombok Timur


Lombok Timur - Satuan Lalu Lintas Polres Lombok Timur dipastikan membuka layanan penerbitan Surat Izin Mengemudi (SIM) C1 yang diperuntukan bagi Motor Gede (Moge) berkapasitas 250 hingga 500 cc. Korlantas Polri memilih Lombok Timur sebagai pilot project penerbitan SIM C1 kedua NTB setelah Polres Lombok Barat.

Launching pelayanan SIM C1 yang digelar Sabtu, (20/7/2024) ini dihadiri langsung oleh Direktur lalu lintas (Dirlantas) Polda NTB Kombes pol Romadhoni Sutardjo. Romadhoni mengatakan penerbitan SIM C1 guna mengakomodir para pengendara yang memiliki kendaraan roda 2 dengan kapasitas 250 sampai dengan 500 cc.

Pemilihan Lombok Barat sebagai yang pertama karena merupakan satpas prototipe pertama di NTB. Karena telah memiliki gedung dan lapangan uji praktek telah sesuai dengan spek perlintasan.

Satlantas Polres Lombok Timur, diharapkan juga melengkapi satpas prototipe sebagai sebagai standar pelayanan SIM C1. Namun dipastikan saat ini pelayanan pembuatan SIM C1 telah terakomodir di Satlantas Polres Lombok Timur.

"Kalau biaya pembuatan SIM C1 Sama dengan SIM C biasa. Jadi tidak ada perbedaan," jelas Romadhoni.

Sementara terkait dengan SIM bagi kendaraan roda dua berkapasitas di atas 500 cc, Romadhoni mengatakan masih menunggu kebijakan Korlantas Polri. "Kalau SIM C2 masih menunggu apakah Korlantas Polri ke depan juga akan membuka. Karena seperti kita ketahui juga masih ada kendaraan roda 2 yang lebih dari 500 cc" jelasnya.

Kasat Lantas Polres Lombok Timur, AKP Tira Karista mengatakan pelayanan penerbitan SIM C1 menjadi sebuah kebanggaan Polres Lombok Timur. Dikarenakan tidak semua Polda dan Polres yang di Indonesia mendapat program penerbitan SIM bagi pengguna motor gede.

"Kita bersyukur sekali kita di sini mendapat kepercayaan lebih dari Korlantas Mabes Polri," ujar Tira.

Ia pun meyakini pemilihan Satlantas Polres Lombok Timur sebagai lokasi pelaksanaan program tersebut telah melalui berbagai aspek pertimbangan. Tentunya ada tolak yang menjadi pertimbangan Korlantas Polri menjatuhkan pilihan kepada Satlantas Polres Lombok Timur sebagai lokasi Pilot Project pembuatan SIM C1 kedua di NTB.

Hadir juga pada kesempatan tersebut Kapolres Lotim, AKBP Hariyanto dan Dandim 1615/Lotim, Letkol Inf Bayu Sigit Dwi Untoro.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.