Pj Bupati Optimis Sinergitas Terjalin Baik antara Pemerintah dan Anggota DPRD 2024-2029

 


Lombok Timur - Anggota DPRD Kabupaten Lombok Timur periode jabatan 2024-2029 resmi dilantik, Rabu, (21/8/2024). Dalam agenda Rapat paripurna I masa sidang I dilaksanakan pengucapan sumpah janji anggota DPRD masa jabatan 2024-2029.

Sebanyak 50 orang anggota DPRD terpilih resmi mengemban amanat untuk bekerja pada kursi legislatif hingga tahun 2029. Dari 50 anggota tersebut masih didominasi 31 orang wajah lama,  hanya 19 orang anggota DPRD yang merupakan wajah baru.

Pj Bupati Lombok Timur, HM Juaini Taofik kepada wartawan mengatakan dengan pengucapan sumpah ini tugas pemilu legislatif 2024 telah selesai. Disimpulkan dari sambutan Pj Gubernur, sinergitas adalah kunci utama kunci utama penyelenggaraan pemerintahan di daerah.

Sinergitas antara eksekutif dan legislatif dinilai berjalan baik selama 2019 sampai 2024. Karena dalam proses legislasi tidak pernah terjadi dead lock. Selama perjalanan tidak pernah ada dead lock.

Misalnya dalam penetapan anggaran tidak ada kesepakatan antara pemerintah dan legislatif, ada ruang untuk Bupati menetapkan peraturan kepala daerah dalam penyusunan APBD.

"Namun selama 5 tahun itu tidak pernah ada. Itu menunjukan sinergi dan harmonisasi selama 5 tahun berjalan baik," ucap Taofik.

Ia pun meyakini sinergitas antara eksekutif dan legislatif akan tetap berjalan baik. Karena ada nilai yang baik dalam musyawarah untuk mencapai mufakat seperti yang tertuang dalam pancasila.

"Kita kembali kepada pancasila sila keempat. Dan inilah yang berjalan baik di DPRD Lombok Timur," pungkasnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.