Usung Calon Sendiri, Akademisi Nilai PBNW Bertentangan dengan Prinsip Gerindra

 

Lombok Timur - Keputusan Pengurus Besar Nahdlatul Wathan (PBNW) mengusung calon sendiri dalam Pilkada Lombok Timur dinilai bertentangan dengan prinsip partai Gerindra. Hal ini diungkapkan akademisi Universitas Gunung Rinjani, Muh. Saleh.

Saleh menilai Keputusan tersebut berpotensi mengganggu stabilitas partai Gerindra di Lombok Timur, dan bisa menjadi ancaman politik bagi PBNW sendiri.

Seperti diketahui bersama, PBNW telah menetapkan TGH Lalu Gede Muhammad Khairul Fatihin sebagai bakal calon wakil bupati untuk mendampingi H. Suryadi Jaya Purnama. Pasangan yang dikenal sebagai paket SJP-TGF, didukung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan resmi mendaftar pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Di sisi lain, partai Gerindra telah mengusung pasangan H. Haerul Warisin dan H. Moh Edwin Hadiwijaya (Iron-Edwin) dalam kontestasi Pilkada Lombok Timur.

Dalam konferensi pers usai pendaftaran di KPU Lombok Timur, TGKH Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani menegaskan bahwa pasangan SJP-TGF tidak membawa atribut atau nama Partai Gerindra.

Padahal, beberapa anggota legislatif terpilih yang berasal dari NW menggunakan partai Gerindra sebagai kendaraan politiknya.

"Jika Gerindra merasa terganggu oleh sikap PBNW, dampak politik yang serius bisa muncul. Ada kemungkinan keanggotaan PBNW di Gerindra bisa dicabut, sehingga mereka tidak memenuhi syarat untuk menjadi calon terpilih," ujar Saleh.

"Kecuali jika PBNW mampu menjalin komunikasi yang kuat dengan Gerindra, hal ini mungkin dapat dihindari," lanjutnya.

Dalam konteks politik, Saleh menilai PBNW tampaknya tidak mampu menjelaskan dengan jelas situasi persaingan kekuasaan saat ini. Gerindra Lombok Timur dan NTB, bersama koalisinya, memiliki target kemenangan dengan berbagai strategi dan kekuatan. "Ini sangat berbahaya bagi NW jika mereka tidak cermat," kata Muh. Saleh.

Doktor ilmu politik Universitas Diponegoro ini menilai PBNW mungkin tergoda oleh situasi politik saat ini. Ada pertimbangan matang dari para penasehatnya karena potensi jumlah pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Lombok Timur mencapai empat hingga lima pasangan.

“Mungkin perhitungan dari para penasehatnya adalah jumlah jamaah NW yang besar dengan komposisi calon ini. Mereka mungkin berpikir dengan konfigurasi ini, mereka bisa menang,” ujarnya.

Namun Saleh mengingatkan bahwa jika solidaritas masa NW tidak solid, situasi bisa berubah. Pengalaman sebelumnya menunjukkan bahwa meski NW mengusung calon, hasilnya tidak selalu sesuai harapan.

"Ada yang harus diperhatikan lebih lanjut," ujarnya.

Menurutnya, ini adalah saat yang tepat bagi NW untuk menikmati kejayaan bersama Gerindra. "Beberapa partai politik pernah berafiliasi dengan NW, namun sekarang semua yang diusung oleh NW berpotensi naik. Namun, jika tidak sejalan dengan Partai Gerindra, keanggotaan mereka bisa saja dicabut dan mereka tidak memenuhi syarat menjadi calon terpilih," jelas Muh. Saleh.

Lebih lanjut, mantan Ketua KPU Lombok Timur ini menilai bahwa keputusan PBNW tidak hanya mengganggu Partai Gerindra di Lombok Timur, tetapi juga di NTB. Dikarenakan perbedaan dukungan calon Gubernur. PKS mengusung Dr. Zulkieflimansyah sebagai bakal calon Gubernur NTB, sementara Gerindra mengusung Lalu Muhammad Iqbal.

Meskipun PBNW menyatakan dukungannya pada Iqbal, menurut Saleh, situasinya akan rumit karena adanya tarik-menarik dengan PKS. "Secara psikologis, ini akan sulit ditentukan," jelasnya.

Menurut Saleh, untuk membuktikan kekuatannya, suara Iqbal di Lombok Timur harus signifikan. Jika tidak, jelas bahwa PKS telah memanfaatkan situasi politik PBNW. "Saya melihat apa yang dilakukan PBNW ini kontraproduktif," katanya.

Namun, di sisi lain, manuver politik PBNW dengan PKS juga memiliki sisi positif. PKS memiliki manajemen politik yang cukup baik dalam menggerakkan massa. “Jadi pertanyaan utamanya adalah apakah kombinasi keduanya bisa berjalan dengan baik. Kalau bergerak sendiri-sendiri, hasilnya akan kurang optimal,” terangnya.

Ia meyakini dengan gaya politik PKS berkolaborasi dengan NW, mereka akan menjadi kekuatan besar dalam Pilkada Lombok Timur. Pasangan SJP-TGF menjadi kandidat yang sangat diperhitungkan.

"Dalam konteks politik, dinamika ini bisa berubah dengan cepat," tutupnya.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.