Selekda dan Vokasi Begawe di BPVP Ditutup, Sematkan Harapan Keterampilan Peserta Bermanfaat di Dunia Kerja

 

LOMBOK TIMUR - Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker) RI, Afriansyah Noor secara resmi menutup Seleksi Daerah (Selekda) 14th Wordskills Asean Competition dan Vokasi Begawe Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) Lombok Timur, Kamis (3/10/2024).


Afriansyah mengatakan para peserta yang telah mengikuti Selekda di bidang cooking dan restaurant service tersebut memiliki keterampilan yang mumpuni di bidangnya. Sehingga kedepannya dapat menjadi wirausahawan atau memanfaatkan kemampuannya untuk bekerja di restoran besar di Indonesia.


Afriansyah juga mengaitkan pelatihan di BPVP dengan perkembangan pariwisata di NTB, terutama di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Keberadaan KEK mandalika kini menjadi magnet di NTB dengan adanya gelaran MotoGP.


"Pariwisata di NTB tumbuh pesat, dan berbagai event besar semakin banyak diadakan. Ini menjadi peluang besar bagi anak-anak muda untuk memanfaatkan keterampilan mereka di industri pariwisata," tutup Wamen Afriansyah.


Sementara, Pj Gubernur NTB, Hasanuddin menyampaikan Selekda 14th Wordskills Asean Competition dan Vokasi Begawe BPVP Lombok Timur adalah upaya mempersiapkan generasi muda yang unggul dan siap bersaing dalam dunia kerja.


"Dengan selekda ini kita dapat melahirkan kompetitor handal yang dapat mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional," ungkap Hasanuddin.


Kepala BPVP Lombok Timur, Verry Fahrudin dalam laporannya menyampaikan Selekda 14th Wordskills Asean Competition pelaksanaannya selama tiga hari. Berbagai kompetisi telah dilaksanakan pada ajang tersebut. Seperti kompetisi Restoran Service, dan Cooking.


Peserta berjumlah 10 orang untuk setiap kategori kompetisi. Sehingga jumlah peserta adalah 20 orang yang berasal dari Alumni Lembaga Pelatihan, Siswa Sekolah Vokasi/ Universitas, Karyawan Hotel/ Restoran yang berasal dari NTB, Bali, dan Sulawesi Selatan.


Sementara untuk menyemarakan Vokasi Begawe BPVP Lombok Timur diisi dengan kegiatan Trial Class, Job Fair, dan Walk in Interview untuk lebih dari 40 perusahaan. Selain itu ada Bazar UMKM yang diikuti 52 peserta yang berasal dari UMKM almuni pelatihan vokasi, BLK UPTD, BLK Komunitas dan Talenta Muda. Serta Pameran Pelatihan Vokasi, dan Hiburan-hiburan.


Diakhir acara diadakan pengumuman juara, hiburan band lokal, dan pemberian hadiah pemenang undian yang berhadiah utama sepeda listrik dan kulkas.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.